Monday 15 July 2013

5 Makanan Sehat Saat Berpuasa

Tiba waktunya ummat Islam menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Kegembiraan saat menyambut masa berpuasa ini sepadan dengan kesabaran dalam menahan lapar dan dahaga. Ketika berpuasa tentu kita wajib menghentikan aktivitas makan dan minum sejak terbit matahari sampai terbenamnya. Tentu kebiasaan makan sehari-hari dari sejak sarapan, makan siang dan makan malam akan berubah drastis di bulan Ramadhan. Kebanyakan orang mengurangi porsi makanannya karena hanya ada dua waktu makan yaitu saat berbuka dan sahur. Namun demikian jangan sampai mengurangi kualitas makanan yang dikonsumsi sebab berpuasa membutuhkan stamina yang lebih dari biasanya dan itu bergantung pada asupan saat berbuka dan sahur agar tubuh tidak lemas sepanjang hari.
Berikut ini adalah makanan sehat yang dianjurkan untuk menemani masa berpuasa sebulan penuh:
1. Kurma

Kurma menjadi hidangan yang paling dianjurkan saat berbuka puasa maupun di waktu sahur. Nabi Muhammad SAW juga membiasakan diri berbuka puasa dengan beberapa butir kurma dan air putih. Pasalnya, kurma mengandung fruktosa dan glukosa yang menjadi sumber karbohidrat yang dengan segera mengembalikan kandungan gula dalam darah dengan porsi yang sehat. Selain itu kurma juga merupakan menu yang paling tepat untuk mereka yang sedang menurunkan berat badan karena dengan porsi kecil mampu membuat kenyang.

2. Madu Asli

Selain memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, madu asli juga merupakan sumber karbohidrat fruktosa dan glukosa. Kelebihan lainnya adalah madu mampu mengurangi bau badan, bengkak dan alergi pada tubuh. Dengan mengkonsumsi satu sendok madu saat sahur dan berbuka tentu membantu menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa.

3. Minyak Zaitun

Kandungan asam lemak omega 9 dan asam oleat merupakan zat yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Penggunaan minyak zaitun untuk memasak menu berbuka dan sahur mengurangi kadar lemak yang akan dikonsumsi dan tubuh pun akan lebih sehat.

4. Buah-buahan dan sayur

Serat tentu penting menjadi salah satu sumber makanan keseharian baik saat berpuasa maupun tidak. Kandungan serat pada buah dan sayur membantu pencernaan untuk menahan rasa lapar lebih lama dan mempermudah kerja pencernaan di dalam tubuh. Pilihlah buah yang segar dan mengandung serat yang cukup dan mengenyangkan seperti pisang, apel dan pir.

5. Air Putih

Jangan lupakan minuman yang satu ini sebab bila kita mengkonsumsi menu sehat lainnya tanpa asupan air putih, kerja sistem pencernaan akan terasa berat terutama ginjal. Dan saat kekurangan air tubuh akan mengalami dehidrasi. Sehingga saat berbuka dan sahur usahakan untuk minum air minimal 5 gelas untuk mecukupi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa.

Dikutip : http://dariperempuan.com/5-makanan-sehat-saat-berpuasa/

SELAMAT BERPUASA

Chemical Master Clean